Kaji ulang Shalat #2: Dampak Shalat*

🔃Shalat adalah ajang audiensi dan berkomunikasi dengan Allah melalui ucapan dan perbuatan.

❤Dengan Shalat, kita menghadirkan Allah sehingga menjadi kebahagiaan batin tersendiri.

🔀Shalat berperan sebagai sarana untuk membentuk akhlaq, tingkah laku dan budi pekerti yang lebih baik dalam keseharian.

☝Shalat yang tidak menghasilkan budi pekerti luhur tidak sesuai dengan keinginan Allah agar shalat untuk mencegah berbuat jahat dan keji.

_”Bacalah apa yang telah diwahyukan kepada engkau, yaitu Kitab Suci, dan tegakkanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari yang kotor dan keji, dan sungguh ingat kepada Allah adalah sangat agung (pahala nya). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”  (Q., 29:45)._

😈Mencegah kejahatan dan kekejian  merupakan hasil pendidikan shalat. Jika shalat seseorang tidak mencapainya maka shalatnya adalah kebohohongan.

_“Sudahkah engkau lihat orang yang mendustakan agama?  Yaitu dia yang menghardik anak yatim, dan tidak dengan tegas menganjurkan pemberian makan kepada orang miskin! Maka celakalah untuk mereka yang shalat, yang lupa akan shalat mereka sendiri. Yaitu mereka yang suka pamrih, lagi enggan memberi pertolongan” (Q., 107: 1-8)._

❤Shalat seharusnya menghasilkan rasa kemanusiaan dan kesetiakawanan sosial dalam sikap penuh santun kepada anak yatim dan memperjuangkan nasib orang miskin.

👐Shalat dimulai dengan pernyataan hubungan dengan Allah (takbîr) dan diakhiri dengan pernyataan hubungan dengan sesama manusia (taslîm) yang melambangkan shalat sebagai sarana pendidikan budi luhur dan kemanusiaan.

💡Ucapan  salâm adalah doa keselamatan, kesejahteraan, dan kesentosaan kepada orang banyak yang diucapkan sebagai pernyataan kemanusiaan dan solidaritas sosial.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ibadah, Religi, Shalat dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s