Kajian Al Baqoroh ayat 4 : Beriman kepada Hari Akhir

Beriman kepada hari akhir adalah mempercayai dan meyakini bahwa seluruh alam semesta dan segala seisinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa setelah kehidupan ini akan ada kehidupan yang kekal abadi yaitu akhirat.

Islam adalah agama yg seimbang.  Selain terkait dengan masa lalu melalui keimanan terhadap kitab yang diturunkan sebelum nabi Muhammad saw, Allah memerintahkan seorang muttaqin untuk berorientasi ke masa depan melalui keimanan kepada Hari akhir.

Kehancuran dunia yang fana ini dan adanya kehidupan di akhirat diketahui melalui firman Allah dalam Al-Qur’an dan hadits Rasulullah saw. Akal sehat pun dapat menerima dan meyakininya karena hal tersebut sangat mungkin terjadi, bukan sesuatu yang mustahil melalui berbagai bukti ilmiah.

Hikmah Iman Kepada Hari Kiamat :

  1. Memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT Mahakuasa dan Maha adil.
  2. Menyadari bahwa alam seisinya akan hancur lebur maka setiap orang muslim sadar bahwa kehidupan duniawi hanyalah sementara dan pasti akan berakhir. Dunia bukanlah segala-galanya.
  3. Dunia adalah sawah ladang kehidupan alam akhirat maka orang bertaqwa  akan berhati hati dalam kehidupan di dunia dengan berbuat kebaikan agar di hari akhirnya mendapatkan kebaikan dan takut menghadapi pembalasan jika amalnya jelek.
  4. Memberikan dorongan untuk membiasakan diri dengan sikap dan perilaku terpuji (akhlaqul-karimah) dan menjauhkan diri dari sikap serta perilaku tercela (akhlaqul-mazmumah)
  5. Berani dan tidak takut mati karena membela agama, serta menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam.
  6. Tidak iri terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain.
  7. Menenteramkan jiwa orang yang mendapat perlakukan kurang adil  dan Memberi dorongan untuk bersikap optimis dan tawakal, serta sabar meskipun tertimpa berbagai kemalangan.

Keimanan pada Hari akhir memberikan harapan kepada setiap orang untuk mendapatkan keadilan yang seadil adilnya karena dalam kehidupan dunia bisa saja seseorang tidak mendapatkan keadilan sehingga Allah akan memberikan keadilan yang kekal di akhirat.

Macam-Macam Hari Akhir/Kiamat

Hari akhir/kiamat terbagi atas 2 jenis :

  1. Kiamat Sugra (Kiamat Kecil) :
    Adalah hancurnya jagat raya dengan skala kecil, Misalnya kematian, bencana alam seperti, tsunami, gempa bumi, banjir, gunung meletus, dan sebagainya.  Kiamat sugra sering terjadi dilingkungan kita sebagai peringatan atau teguran dari Allah swt.
  2. Kiamat Kubra (Kiamat Besar) :
    Adalah  hancurnya alam semesta seluruhnya termasuk semua penghuninya, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan tanda dimulainya kehidupan di akhirat tempat Manusia mempertanggung jawabkan segala amal perbuatannya yang pernah dibuat sewaktu hidup.

Tanda-Tanda Hari Akhir/Kiamat

  1. Tanda-Tanda  Kiamat Kecil
    1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir
    2. Banyak terjadi bencana alam (gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain)
    3. Jumlah kaum perempuan lebih vanyak dibanding laki-laki
    4. Golongan besar saling membunuh, namun sama-sama mengakui dirinya untuk memperjuangkan agama islam.
    5. Banyak pembunuhan disebabkan hal yang sepele atau kecil.
    6. Segala hal atau urusan dipegang oleh bukan ahlinya.
    7. Manusia tidak memperdulikan lagi ilmu agama
    8. Laki-laki  menyerupai wanita atau sebaliknya
    9. Pergaulan bebas laki-laki dan perempuan
    10. Merajalelanya kemaksiatan dan Fitnah menimpa kehidupan manusia
  2. Tanda-Tanda Besar/Kiamat Besar
    1. Munculnya binatang yang dapat bicara
    2. Al-Qur’an tidak dianggap lagi sebagai pedoman hidup.
    3. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj, yaitu bangsa yang gemar dengan membuat kerusakan dibumi.
    4. Banyak manusia yang menjadi kufur dan murtad.
    5. Munculnya dajjal penyebar fitnah yang membuat manusia meninggalkan agama islam.
    6. Matahari terbit dari barat dan terbenam dari arah timur.

Kapan waktunya?

Tidak ada seorang mahkluk  yang mengetahui kapan terjadinya Hari akhir kecuali Allah SWT. Di dalam al Qur’an disebutkan :
“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat. Bilakah terjadinya?
Katakanlah, ”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.
(Qs. Al-A’raf ayat :187)

Peristiwa-Peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir.

  1. Yaumul Barzah :
    Alam Barzah adalah batas atau perantara antara alam dunia dan alam akhirat. Yaumul barzah adalah hari-hari penantian manusia di alam kubur setelah meninggal. Di alam barzah manusia akan menghadapi pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir dan diperiksa amal perbuatan dan keimanannya. Setelah itu manusia akan menunggu hari kebangkitan sambil merasakan Nikmat dan siksa kubur.
  2. Hari Kiamat:
    Hari Kiamat didahului dengan ditiupnya sangkakala pertanda musnahnya alam semesta. Seluruh mahkluk bernyawa akan menemui ajalnya: manusia, binatang, tumbuh- tumbuhan. Begitu juga dengan alam semesta: gunung-gunung, laut, langit, planet dan bintang semuanya hancur.
    Firman Allah :
    “Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur. Maka pada hari itu turjadilah Hari Kiamat.” (S. Al-Haqqah ayat 13-15 )
    “Hari Kiamat, apakah Hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihamburkan-hamburkan. (Al qaari’ah ayat 1-5)
  3. Yaumul Ba’as :
    Yaumul Ba’as adalah hari bangkitnya seluruh makhluk dari kuburnya, sejak manusia pertama hingga berakhir.
    “Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh : “Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati”. (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (Q.S. An Nahl :38).
    “Dan ditiuplah sasangkala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera di kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (Q.S. Yaasin :51).
  4. Yaumul Hasyr:
    Yaumul Hasyr adalah fase manusia digiring ke suatu tempat yang bernama Padang Mahsyar  setelah kebangkitan dari kubur. Allah SWT berfirman : “Dan kami kumpulkan mereka, maka kami tidak meninggalkan mereka seorang pun”. (Q.S. Al Kahfi : 47).
  5. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)
    Pengertian Yaumul Hisab adalah hari manusia dihisab, dihitung dan ditimbang amal perbuatannya selama dunia akhirat. Di sanalah semua manusia menjalani pemeriksaan dengan tertib dan adil tentang amal perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia. Dihadapan pengadilan Allah, manusia tidak bisa berbohong, karena mulut mereka dibungkam, yang menjawab pertanyaan adalah anggota badan yang lain. Sekecil apapun perbuatan jahat akan terlihat dan mendapat balasan. Demikian juga, sekecil apapun kebaikan yang diperbuat manusia akan terlihat dan mendapat imbalannya. Setiap manusia menerima buku catatan atau rekaman lengkap tentang amal perbuatan selama hidup di dunia.
    Firman Allah :
    Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (S. Al-Az-zalzalah ayat : 7-8)
    “Kami  akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah yang dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. ” (Q.S. Al-Anbiya : 47).
  6. Yaumul Jaza’ (Hari Pembalasan) :
    Yaumul jaza’ adalah hari ketika Allah SWT memberi keputusan kepada manusia.
  7. Surga dan Neraka.
    Surga adalah tempat yang penuh dengan berbagai kenikmatan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang bertakwa, Sedangkan Neraka adalah tempat yang penuh dengan berbagai siksaan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang durhaka. Setelah pengadilan Allah selesai, orang-orang yang banyak melakukan amal shaleh ditempatkan di sorga. Sedangkan orang-orang yang celaka, karena banyak melakukan perbuatan dosa ditempatkan di Neraka.

Hari Kiamat Menurut Ilmu Pengetahuan

Menurut Geologi
Bumi terbuat dari gas yang berputar (chaos catastrope). Setelah melalui proses evolusi yang lama sekali, gas bagian luar mengeras menjadi batu, kerikil, pasir dan sebagainya. Sedangkan bagian tengah masih panas. Bumi beredar karena adanya daya tarik matahari, bila gaya tarik terhadap bumi berkurang maka akibatnya bumi akan bergeser dari matahari sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan bernasib seperti meteor (menyala/hancur).

Menurut Teori Fisika
Letak matahari kira kira 150 juta km jauhnya dari bumi. Sinar matahari sampai kebumi selama 8 menit 20 detik. Garis tengah matahari = 1.4 juta km dan luas permukaannya 616 x 1010 km =622160 km.
Energi matahari dipancarkan ke angkasa dan sekitarnya 5,7 x 1027 kalori = 5853,9 kalori/menit dan mampu menyala 50 milyar tahun dengan panas 15 juta derajat celcius.
Kalau suatu ketika matahari tidak muncul atau cahayanya redup karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan yang berakibat hujan tidak akan turun. Selanjutnya gunung-gunung akan meletus, ombak bergulung-gulung, air laut naik sehingga hancurlah bumi ini.

Bukti Terjadinya Hari Kebangkitan

Allah telah menunjukkan bukti bahwa orang yg mati akan dibangkitkan kembali. sebagaimana berikut ini :

  • Di jaman Bani Israil, sorang mati mati dihidupkan kembali oleh Allah Swt hanya dengan perantaraan daging sapi yang dipukulkan ke tubuh orang yang terbunuh (Q.S. Al-Baqarah/2:72-73).
  • Peristiwa nabi ibrahim dan burung-burung yang dicincangnya kemudian diletakan di tiap-tiap bagian di atas bukit lalu Allah swt berfirman : “Panggilah! Niscaya mereka datang kepadamu dengan segera” (Q.S. Al-Baqarah/2:260).

Kedua informasi diatas adalah informasi historis tentang peristiwa yang pernah terjadi dan menjadi bukti bahwa manusia yg mati akan dapat dihidupkan kembali. Ini menjawab pernyataan orang kafir bahwa kalau orang sudah mati ya sudah tidak akan bisa hidup lagi.

Pos ini dipublikasikan di IMAN, Kiamat, Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s