Memahami Struktur al Qur’an

‪#‎Bila‬ membaca al Qur’an kadang kita bingung. Ada 6236 ayat dan 114 surat yang tersusun seolah tidak terstruktur.

‪#‎Dalam‬ satu surat ada berbagai topik dengan peralihan tiba2 dari satu topik ke topik lain dan kemudian kembali lagi ke topik sebelumnya seolah tidak berhubungan. Apakah benar al Qur’an tidak punya struktur baku?

‪#‎Riset‬ modern menemukan bahwa Al qur’an mempunyai struktur penulisan yang canggih yg disebut ring composition.

‪#‎Hal‬ ini sekaligus sebagai bukti bahwa Mustahil Al Qur’an yg memiliki struktur penulisan canggih dibuat oleh sosok Muhammad saw. Karena Muhammad saw dijadikan Allah tidak dapat membaca dan menulis apalagi mengarang syair.

‪#‎Mary‬ Douglas dalam bukunya “Thinking in Circles: An Essay on Ring Composition” menjelaskan bahwa dalam Ring composition ada pola khas yg dapat digambarkan A, B, C, D, C’, B’, A’. Kaitan antara awal dan akhir tulisan terbagi dua dengan menempatkan cermin di tengah sehingga bagian kedua adalah cermin bagian pertama dengan urutan terbalik. Sedangkan makna intinua ada di pusat.

‪#‎al‬ Qur’an disampaikan dengan cara dibacakan langsung melalui malaikat Jibril. Ada 6,236 ayat qur’an diturunkan berangsur selama 23 tahun. Umumnya ayat qur^an diturunkan sebagai jawaban terhadap pertanyaan atau kondisi yang dihadapi Muhammad saw baik dari orang mukmin maupun kafir.

‪#‎Kondisi‬ ini seharusnya membuat isi Qur’an menjadi tidak terstruktur. Namun ternyata walaupun diturunkan secara berangsur dlm 23 tahun, struktur qur’an tetap terjaga membentuk ring composition.

‪#‎Surah‬ al-Baqarah adalah surat terpanjang dalam al qur an terdiri dari 286 ayat yg diturunkan dalam selang beberapa tahun.

‪#‎Kandungan‬ al Baqoroh ternyata dapat dibagi menjadi 9 topik utama dengan komposisi sbb:
A Keimanan vs Kekafiran (1 – 20).
B Penciptaan Allah dan pengetahuan (21 – 39).
C HUKUM untuk Bani Israil (40 – 103).
D Abraham diuji (104 – 141).
E Ka’ba kiblat baru (142 – 152).
D’ Muslims akan diuji (153 – 177).
C’ Turunnya wahyu kepada Muslim (178 – 253).
B’ Penciptaan Allah dan pengetahuan (254 – 284).
A’ Keimanan dan kekafiran (285 – 286).

# Bila disusun dalam bentuk komposisi cincin maka dapat diformulasikan sbb: ABCDED’C’B’A’. Ke 9 bagian komposisi tsb juga terdiri dari sub komposisi cincin. Sehingga dalam satu surat terdapat komposisi cincin dalam cincin.

#Surah al-Baqarah ayat 255 yg disebut ‘Ayat Kursi’ adalah ayat terbaik yg perlu dihafalkan. Ayat ini menunjukkan susunan desain yg akurat sesuai prinsip ring composition; ketepatan strukturnya menempatkan tema kunci surat terdapat pada pusat surat.

‪#‎Di‬ tengah surat al Baqoroh terdapat instruksi untuk mengarahkan kiblat ke Mekah yang menjadi ujian keimanan sekaligus menunjukkan Muslim sebagai masyarakat baru pertengahan serta pesan bahwa semua manusia tanpa memperhatikan arah kiblat atau orientasi kiblatnya seharusnya berlomba dalam kebaikan dan Allah akan mengumpulkan mereka semua.

‪#‎Struktur‬ Ring tidak hanya mengikat teks bersama tapi juga memberikan fokus kepada kita untuk memperhatikan kata dan tema penting yang terdapat di tengah yang menjadi pesan inti. Ring composition juga sebagai alat bantu untuk menghapal surat al baqoroh yang panjang.

‪#‎Ring‬ composition memberikan estetika sekaligus fungsi yang membantu kita menghapal dengan bahasa syair yang memudahkan kita mengingat sesuai formula dasar.

‪#‎Adakah‬ di dunia ini kitab dengan jumlah halaman sekitar 500 yang bisa dihapal ? Bukan hanya oleh satu orang.. tapi banyak orang ?
Hanya Al Qur’an yang bisa.

Subhanallah…..

Pos ini dipublikasikan di Al Qur'an. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s