KHUTBAH IBLIS

Dalam Al Qur’an Allah mengabarkan bahwa kelak di hari Kiamat, setelah Allah menghisab para hambaNya, lalu memasukan kaum mukminin ke surga, serta menempatkan orang-orang kafir ke dalam neraka jahannam, maka Iblispun berdiri dan berkhutbah kepada para pengikutnya.

Khutbah tersebut disampaikan oleh Iblis kepada para pengikutnya pada saat yang sangat menegangkan…tatkala mereka melihat api yang menyala-nyala yang siap membakar mereka…!!! Yang semakin menambah kesedihan di atas kesedihan mereka, kerugian di atas kerugian, serta penyesalan di atas penyesalan.

Khutbah iblis tersebut benar-benar mengalirkan air mata mereka dan menyadarkan mereka bahwa selama ini mereka hanya terpedaya Iblis la’natullah ‘alaihi beserta pengikut dan bala tentaranya.

Khutbah Iblis tersebut tercutat dalam al Qur’an sbb:

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الأمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ وَمَا كَانَ لِي عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي فَلا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِي مِنْ قَبْلُ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (٢٢)وَأُدْخِلَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ (٢٣)

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepada kalian tetapi aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadap kalian, melainkan aku menyeru kalian lalu kalian mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kalian mencerca aku akan tetapi cercalah diri kalian sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kalian dan kalian pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian yang mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih”.

Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka” (QS Ibrahim : 22-23)

Demikianlah khutbah Iblis…
Setelah berhasil menggoda dan menipu sebagian manusia…menjerumuskan mereka dalam neraka…setelah tercapai cita-citanya…iapun berlepas diri dari para pengikutnya. Ia tidak mau bertanggung jawab…Bahkan ia sama sekali tidak mau disalahkan dan dicela…akan tetapi ia menyuruh para pengikutnya untuk mencela diri mereka sendiri terhadap kesyirikan yang dilakukan oleh pengikutnya.

Sungguh kehinaan dan kesedihan yang tidak bisa terbayangkan dalam hati para penghuni neraka tatkala mendengar khutbah dari syetan sang pemimpin mereka.

Semoga Allah menjaga kita dari rayuan Iblis…jangan sampai kita termasuk orang-orang yang tatkala di dunia tidak tersentuh oleh nasehat-nasehat, tidak tergerak hati tatkala mendengar pengajian-pengajian dan khutbah-khutbah… namun justru tersentuh tatkala mendengar khutbah Iblis….
naudzubillahi min dzalik.

Pos ini dipublikasikan di syetan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s