Memaknai IEDUL FITHRI

Hari  Kegembiraan

Diriwayatkan oleh Imam Nasai dan di shohih Ibnu Hibban dari Anas bin Malik , Ketika Rosulullah datang ke Madinah didapatinya bahwa masyarakat Anshor mempunyai dua hari besar yang mereka isi dengan pesta dan kegembiraan . Rosulullah SAW bersabda yang artinya “Telah Allah ganti dengan dua hari yang lain yang lebih baik dari dua hari tersebut yaitu idul fitri dan idul adha”

Sejak itu pula selain disunnahkan pada hari tersebut untuk melakukan sholat ied, maka disunahkan pula untuk menonjolkan fenomena kegembiraan, semisal berpakaian yang terbaik yang dimiliki, memakai wewangian dan makan-makan, serta diharamkannya berpuasa di hari tersebut. Tradisi lama kaum Ansor semisal nyanyian, adu keangkasan dan perlombaan-perlombaan diijinkan oleh rosulullah. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Bukhori dan Muslim, bahwa Rosulullah pernah membiarkan dua orang jariyah bernyanyi di depan Beliau, dan ketika Abu Bakar melihat hal itu dan melarangnya Rosulullah mengatakan yang artinya“ Biarkan saja wahai abu bakr karena hari ini adalah hari raya, (ied). Dalam riwayat lain Rosulullah bersabda “ Biarkan agar yahudi tahu bahwa di dalam Islam ada keleluasan dan agar tahu juga bahwa saya diutus dengan membawa agama yang lurus dan toleran”

Makna Iedul Fithri

Yaumul ied dalam bahasa arab artinya adalah hari raya , atau hari dimana masyarakat berpesta dan bergembira atas sesuatu yang diperolehnya berupa keberhasilan dan kemenangan. Sedangkan al-fitri artinya adalah sarapan atau makan pagi sebagai tanda diselesaikannya puasa di bulan Romadhon, diharamkannya puasa pada hari itu serta diwajibkan membatalkannya dengan makan pagi, walaupun tidak ada salahnya kita kaitkan dengan fithroh dan kesucian  Dengan demikian ma’na iedul fithri adalah hari dimana umat Islam merayakan kemenangan mereka dalam berjihad melawa hawa nafsunya sekaligus ungkapan kebahagiaan bahwa mereka mampu membuktikan diri sebagai hamba Allah dan kembali pada fithrohnya sebagai manusia seutuhnya bukan makhluk biologis murni yang terjajah oleh hawa nafsunya.

Keistimewaan Iedul Fithri

Kekhususan Iedul fithri dengan hari besar kebanyakan adalah bahwa kemenangan adalah milik semua orang beriman yang telah berhasil mengisi bulan Romadhon sesuai dengan petunjuk Allah dan Rosulnya, sehingga semuanya adalah pahlawan yang berhak mendapatkan ucapan selamat. Karena kemenangan yang dirayakan di sini adalah kemenangan seluruh kaum muslimin atas hawa nafsunya sendiri-sendiri setelah berjihad melawan hawa nafsu tersebut selama bulan Romadhon.

Menghayati Iedul Fithri

Banyak orang bergembira tetapi tidak tahu apa alasan kenapa dia bergembira, banyak pula orang merasa menang tetapi dia sama sekali tidak memahami hakekat pertarungannya dan hakekat kemenangannya.

Tanpa pemahaman yang komperhesif terhadap puasa Romadhon banyak orang yang menang pertempuran tetapi kalah dalam peperangan. Kemenangan baru bisa kita rayakan setelah kita yakin bahwa setelah Romadhon kita telah menemukan petunjuk kosepsional, pedoman pelaksanaan dan pengalaman komprehensif dari ketaqwaan serta mendapatkan ampunan dan vonis bebas dari neraka sebagai hadiah dari keberhasilan kita mengisi bulan Romadhon dengan ibadah dan taqorub kepada Allah SWT.

Emosi yang memenuhi dada kita saat bertakbir adalah karena kegembiraan yang luar biasa dan tak tertahankan atas hidayah dari Allah yang kita peroleh  selama bulan Romadhon dan semangat yang menggebu untuk mensukuri hidayah tersebut dengan mempertahankannya.

Allah berfirman yang artinya “Dan hendaklah kalian sempurnakan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas karena dia telah memberikan hidayah kepada kalian, dan agar kalian senantiasa bersukur” .

Berdasarkan pemahaman ini maka ada beberapa ungkapan para hukama’ antara lain :

  • Ied akan senantiasa punya makna selama takbir masih mengemakan hidayah dalam jiwa.
  • Bukanlah ied itu bagi orang yang berpakaian baru, tetapi ied adalah bagi orang yang ketaatannya meningkat.
Pos ini dipublikasikan di Ramadhan, Sukses. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s